Kamis, 10 Maret 2016

MICROSOFT EXCEL



 
KETERANGAN :
*      MENCARI JUMLAH :
*      Fungsi Sum
*       
*      Fungsi SUM digunakan untuk menjumlahkan sekumpulan data pada suatu range. Bentuk umum penulisan fungsi ini adalah =SUM(number1, number2,…). Dimana number1, number2 dan seterusnya adalah range data yang akan dijumlahkan. 
*      Contohnya:
1.       Untuk mencari jumlah nilai siswa pada cell G:33 cukup menuliskan rumus sebagai berikut =SUM(C33:F33) maka jumlah akan tertulis dengan sendirinya.
2.       Untuk mencari jumlah nilai siswa pada cell G:34 cukup menuliskan rumus sebagai berikut =SUM(C34:F34) maka jumlah akan tertulis dengan sendirinya.
3.       Untuk mencari jumlah nilai siswa pada cell G:35 cukup menuliskan rumus sebagai berikut =SUM(C35:F35) maka jumlah akan tertulis dengan sendirinya.
4.       Untuk mencari jumlah nilai siswa pada cell G:36 cukup menuliskan rumus sebagai berikut =SUM(C36:F36) maka jumlah akan tertulis dengan sendirinya.
5.       Untuk mencari jumlah nilai siswa  pada cell G:37 cukup menuliskan rumus sebagai berikut =SUM(C37:F37) maka jumlah akan tertulis dengan sendirinya.
6.       Untuk mencari jumlah nilai siswa pada cell G:38 cukup menuliskan rumus sebagai berikut =SUM(C38:F38) maka jumlah akan tertulis dengan sendirinya.
7.       Untuk mencari jumlah nilai siswa pada cell G:39 cukup menuliskan rumus sebagai berikut =SUM(C39:F39) maka jumlah akan tertulis dengan sendirinya.
8.       Untuk mencari jumlah nilai siswa pada cell G:40 cukup menuliskan rumus sebagai berikut =SUM(C40:F40) maka jumlah akan tertulis dengan sendirinya.
9.       Untuk mencari jumlah nilai siswa pada cell G:41 cukup menuliskan rumus sebagai berikut =SUM(C41:F41) maka jumlah akan tertulis dengan sendirinya.
10.   Untuk mencari jumlah nilai siswa pada cell G:42 cukup menuliskan rumus sebagai berikut =SUM(C42:F42) maka jumlah akan tertulis dengan sendirinya.
Ø Mencari rata rata.
Ø  Fungsi Average
Fungsi ini digunakan untuk mencari nilai rata-rata dari sekumpulan data (range). Bentuk umum penulisannya adalah ;
=AVERAGE(number1, number2,…), dimana number1, number2, dan seterusnya adalah range data yang akan dicari nilai rata-ratanya.

Contohnya:
1.       Untuk mencari nilai rata-rata siswa pada cell H:33 cukup menuliskan rumus sebagai berikut =AVERAGE(C33:F33) maka nilai rata-rata siswa akan langsung muncul.
2.       Untuk mencari nilai rata-rata siswa pada cell H:34 cukup menuliskan rumus sebagai berikut =AVERAGE(C34:F34) maka nilai rata-rata siswa akan langsung muncul.
3.       Untuk mencari nilai rata-rata siswa pada cell H:35 cukup menuliskan rumus sebagai berikut =AVERAGE(C35:F35) maka nilai rata-rata siswa akan langsung muncul.
4.       Untuk mencari nilai rata-rata siswa pada cell H:36 cukup menuliskan rumus sebagai berikut =AVERAGE(C36:F36) maka nilai rata-rata siswa akan langsung muncul.
5.       Untuk mencari nilai rata-rata siswa pada cell H:37 cukup menuliskan rumus sebagai berikut =AVERAGE(C37:F37) maka nilai rata-rata siswa akan langsung muncul.
6.       Untuk mencari nilai rata-rata siswa pada cell H:38 cukup menuliskan rumus sebagai berikut =AVERAGE(C38:F38) maka nilai rata-rata siswa akan langsung muncul.
7.       Untuk mencari nilai rata-rata siswa pada cell H:39 cukup menuliskan rumus sebagai berikut =AVERAGE(C39:F39) maka nilai rata-rata siswa akan langsung muncul.
8.       Untuk mencari nilai rata-rata siswa pada cell H:40 cukup menuliskan rumus sebagai berikut =AVERAGE(C40:F40) maka nilai rata-rata siswa akan langsung muncul.
9.       Untuk mencari nilai rata-rata siswa pada cell H:41 cukup menuliskan rumus sebagai berikut =AVERAGE(C41:F41) maka nilai rata-rata siswa akan langsung muncul.
10.   Untuk mencari nilai rata-rata siswa pada cell H:42 cukup menuliskan rumus sebagai berikut =AVERAGE(C42:F42) maka nilai rata-rata siswa akan langsung muncul.

ü Mencari keterangan “lulus’’ dan “gagal”
Untuk menuliskan keterangan “lulus”dan “gagal” seperti di atas,sebenarnya hal yang cukup mudah,pertama kita harus menentukan nilai rata rata yang dapat dikategorikan lulus atau gagal,rata rata yang diperlukan untuk lulus adalah 85 jadi rumusnya adalah.
=IF(“nomor cell rata-rata”>=85;"lulus";"gagal").
Contohnya:
Ø Untuk mencari keterangan lulus dan gagal pada cell H:33 rumus yang di tulis adalah =IF(H33>=85;"lulus";"gagal")
Ø Mencari nilai tertinggi
Fungsi Max
Fungsi ini digunakan untuk mencari nilai tertinggi dari sekumpulan data (range). Bentuk umum penulisannya adalah ;
=MAX(numbei nir1, number2,…), dimana number1, number2, dan seterusnya adalah range data (numerik) yang akan dicari nilai tertingginya. Misalnya untuk mencari nilai maksimal dari mata pelajaran B.INDO,B.ING,MAT,IPA.seperti yang terdapat dalam excel tersebut maka rumusnya.
1.      Untuk mencari nilai tertinggi pada mata pelajaran b.indo adalah =MAX(C33:C42).
2.      Untuk mencari nilai tertinggi pada mata pelajaran b.ing adalah =MAX(D33:D42).
3.      Untuk mencari nilai tertinggi pada mata pelajaran mat adalah =MAX(E33:E42).
4.      Untuk mencari nilai tertinggi pada mata pelajaran ipa adalah =MAX(F33:F42).


Ø Mencari nilai terendah
Ø  Fungsi Min
Fungsi Min adalah kebalikan dari fungsi Max, jika fungsi Max untuk mencari nilai tertinggi atau maksimal maka Min adalah untuk mencari nilai terkecil atau minimum dari sekumpulan data numerik. Bentuk umum penulisannya adalah ; 
=MIN(number1, number2,…), dimana number1, number2, dan seterusnya adalah range data (numerik) yang akan dicari nilai tertingginya. Sebagai contoh untuk mencari nilai terendah dari mata pelajaran B.INDO,B.ING,MAT,IPA.seperti yang terdapat dalam excel tersebut maka rumusnya.
1.      Untuk mencari nilai terendah pada mata pelajaran b.indo adalah =MIN(C33:C42).
2.      Untuk mencari nilai terendah pada mata pelajaran b.ing adalah =MIN(D33:D42).
3.      Untuk mencari nilai terendah pada mata pelajaran mat adalah =MIN(E33:E42).
4.      Untuk mencari nilai terendah pada mata pelajaran ipa adalah =MIN(F33:F42).






1 komentar: